Minggu, 01 Maret 2009

Mars SMP 6 Dahlia dan Pak Noor Ifansyah

MARS SMP 6

Ciptaan Noor Ifansyah
C= 1 (do)
4/4
Marcia

SMP Enam Dahlia
SMP sekolahku
Tempatku menuntut ilmu
Demi masa depanku
SMP Enam Dahlia
Pembina cita-cita
Penuntun watak pribadiku
Mulia

Dahlia lambang SMP ku
Dahlia lambang sekolahku
SMP Enam
SMP Dahlia
SMP tercinta






Beliau pencipta Mars SMP 6 Dahlia. Judul lagu ini sempat berubah menjadi SLTP 6 Dahlia karena perubahan sebutan SMP menjadi SLTP. Syair yang dinyanyikan pun berubah. Dari "Es me pe e nam" menjadi "SLTP e nam". Yang kata beliau sudah tidak tepat lagi secara nada (notasi).

Lagu ini berawal dari diundangnya tim kesenian sekolah tampil di RRI Nusantara III Banjarmasin. Oleh orang RRI, Pak Noor Ifansyah ditanya mana ciri khas SMP 6? Teguran itu menjadi pikiran Pak Noor Ifansyah.

Besok harinya, saat pelajaran menggambar, dan murid-murid mengerjakan tugasnya, sambil menulis di meja guru, Pak Noor Ifansyah merampungkan teks dan notasi lagu ini. "Ilham seperti datang (dari langit). Semuanya seperti dicurahkan. Tak ada kesulitan membuat lagu ini. Lagu ini saya selesaikan sambil mengawasi murid belajar di kelas," tutur beliau.

Usai menulis lagu ini, kata beliau, tidak segera langsung menjadi lagu sekolah. Sempat hasil coretan Pak Noor Ifansyah tersimpan beberapa waktu lamanya. "Soalnya saya tidak yakin, dan merasa tidak percaya diri dengan lagu buatan saya ini."

Pak Noor Ifansyah yang pernah main band waktu masih di Kandangan, mengaku teks dan notasi lagu yang tersimpan itu akhirnya jadi tersebar berkat tangan Ibu Asmiah, guru kesenian.

"Saya pernah memperlihatkan kepada Ibu Asmiah. Tanpa sepengetahuan saya, oleh Ibu Asmiah lagu ini diajarkan kepada murid-murid saat pelajaran kesenian. Sampai semua murid bisa menyanyikannya."

Pak Noor Ifansyah menyatakan lagu ini diciptakan sekitar tahun 70-an. Tahun persisnya beliau sudah lupa.

Guru SMP 6 periode 1969-1984 yang berdomisili di Jalan Cempaka Putih ini sendiri merasa aneh dengan proses penciptaan lagu ini. Waktu beliau menjadi pimpinan di sekolah yang lain, dan sekolah itu belum mempunyai lagu mars, tak ada lagu mars yang tercipta dari tangannya.

"Jadi itu satu-satu lagu mars yang saya ciptakan," katanya.

1 komentar:

Aikido Lover mengatakan...

udah hampir 7 tahun ga jenguk smp 6 lagi....guru2nya udah pada pensiun pas jaman ku...